Our Life

Tuesday, September 03, 2013

Dua Guru Mudaku

Aku yang dengan segala keterbatasan ini ingin sekali menjalankan sunnah Rasulullah saw...diantaranya menjamu tamu...terutama musafir...alhamdulillah di mesjid darul amman aku dan kakak berkenalan dgn 3 mahasiswi, seorg ambil jurusan farmasi dan yg dua ambil jrusan kesehatan gigi, pada dua universitas negeri di Indonesia. Mereka baru selesai mengikuti konferensi kesehatan di Patayya dan ingin tinggal beberapa hari di Bangkok hingga pulang, kembali ke Indonesia. Dengan idzin suami, kuajak mereka nginap di rumah kami. Tapi karena yg satu akan terbang besoknya jadi mereka mau mengantar temannya dulu ke airport baru nginap di rumahku mereka ingin nginap di masjid dulu...aku gak bisa memaksa tapi tawaranku terbuka kapan saja,insyaAllah bisa membantu mereka...hamdulillah setelah mengantar temannya barulah yg dua datang ke rumah kami.

Aku dan kakak belajar dari mereka...keduanya mahasiswi muslimah yang pintar dan berprestasi. Yg satu, orangnya ceria dan supel, tipikal menyenangkan. Yang seorang lagi, sederhana, tidak banyak bicara namun banyak ibadah...rajin shalat sunnah, termasuk dhuha (yang aku lihat), puasa syawal dan dia tinggal di pondok pesantren Dharus sholihaat, MasyaAllah laa quwwata illah billah...mahasiswi ini juga mengajar ngaji ibu2 di Yogya. Aku malu....jangankan dulu sewaktu aku masih kuliah, sekarang aja aku belum bisa mengajar seperti dia, mengajar anak-anak saja masih banyak kekurangan dan kelemahan. Dan makin belajar makin sadar ternyata sedikit sekali ilmuku...begitu luasnya ilmu Allah. Subhanallah guru mudaku ini bercerita ttg ketaatannya pada Allah justru tumbuh di luar lingkungan rumah. Katanya sejak smp sudah merantau. Dia mengharap ridho orangtuanya untuk menuntut ilmu. MasyaAllah ia sukses dalam studi dan ternyata sumber kekuatannya adalah ketaatannya pada Allah,melalui Al Qur'an, belajar dan mengajar Al Qur'an itu.

Jazaakillahu khairan katsiroo, adikku...teringat kisah Musa as yang mengambil ilmu dan hikmah dari Khidir, orang yang berilmu dan bijaksana (surah Al Kahfi). Aku akan terus belajar...belajar dari siapa pun, tua, muda yang berilmu, bijaksana dan taat pada Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah saw bi idznillah...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home