Our Life

Wednesday, July 13, 2022

Blog ini untuk kalian, anak anakku

Tadi Malam

Semalam ade masuk kamar ibu lalu membangunkan ibu...kira-kira jam 1 dini hari. Sehabis shalat isya ibu ketiduran jadi gak sempat membacakan storiesnight before sleeping. "Bu, bacain buku cerita biar gak takut tidur..." pinta ade.

Sejak genap 6 tahun ade tidur di kamarnya sendiri biasanya tidur di kamar kakak. Ade selalu minta dibacain buku cerita sekaligus dibimbing membaca doa sebelum tidur. Tadi malam ade minta dibacain kisah prophet Nuh as lagi. Setelah itu ade melatih membaca sendiri bagian doa di akhir cerita, dia membaca:
"Dear Allah, always guide me to do good deeds and teach me to be responsible for my acts."
Ibu hampir menangis terharu...yaa Allah, kabulkanlah doa anakku...amiin. Selesai cerita ttg prophet Nuh as, ade juga membaca doa sebelum tidur sendiri. Alhamdulillah...
Setelah kedua mata ade terpejam, ibu keluar dan masuk ke kamar kakak. Ibu cium kening kakak lalu ibu olesi jerawat dikening kaca dengan acne cream. Yaa Allah, jadikanlah anak-anakku sholeh-sholeha...doa ibu penuh harap. Ibu tidak langsung tidur tapi mendirikan shalat qiyamul lail dulu. Shalat malam ibu putus-putus, kadang ayah sudah membangunkan tapi ibu berat sekali beranjak dari tidur, rasanya lelah. Padahal ayah lebih lelah lagi...astaghfirullah...Ayah pernah bercerita bhw ibunya tak pernah putus shalat qiyamul lail dan sering puasa sunnah senin khamis. Ayah sadar sekali bahwa apa yang ia raih sekarang adalah karena kebesaran Allah serta doa kedua orangtuanya terutama ibu...subhanAllah...

Berita meninggalnya ade dari eyang kung ibu membuat ibu sedih...Teringat ketika ibu dan ayah menikah, kami sungkem kepada para sesepuh. Eyang Yayo putri, kakung, eyang Siwi, eyang Ninien, pakde Daryono, nenek ukuh...semuanya telah meninggal dunia. Alhamdulillah nenek di Cupak (nenek dari ayah/ibunya gaek) dan bude Kadar (kakak eyang kung/ayahnya ibu) masih ada namun beliau2 sudah tua dan sakit-sakitan sekarang....ibu mendoakan semuanya, mendoakan eyang kung, eyang uti, gaek, nenek dan kita semua...Kita semua pun akan menyusul mereka yang telah tiada. Semoga Allah mengampuni kesalah dan dosa mereka, sakit yang diderita mereka menjadi penghapus dosa hingga mereka menghadap-Mu dengan dosa yang ringan bahkan terhapus...terimalah amal sholeh mereka ya Allah...lapangkanlah kubur mereka, selamatkan dari azab kubur, berikanlah cahaya dan tempatkanlah mereka dalam surga kelak...amiin.

Semoga kesempatan atau sisa umur yang ada, bisa kita manfaatkan untuk mencari bekal ke akherat. Allah sudah memberikan ladang amal pada ibu dalam rumah tangga dan keluarga kecil kita ini. Berbakti pada suami, mengasuh, mendidik kalian dengan ikhlas bisa menjadi bekal bagi ibu insyaAllah. Selain itu ibu ingin sekali mendapat kesempatan mengurus eyang uti, eyang kung, nenek dan gaek yang sudah tua dan sakit-sakitan ini. Bismillah...bukan travelling keliling dunia yang ibu impikan nak. Maafkan ibu karena ibu sering menolak jika kakak minta jalan2 ke luar negeri. Ibu rasa permintaan kakak itu karena melihat teman2 kakak yang seringkali menghabiskan liburan untuk travelling, bersenang-senang. Bukan berati kita tdk boleh bersenang-senang, kita insyaAllah akan tetap senang bertemu keluarga besar di tanah air, bisa bermain dengan sepupu dan bertemu lagi dgn eyang, nenek, gaek serta orang-orang tercinta di sana...

Anak-anakku...blog ini ibu hadiahkan untuk kalian. Tidak ada maksud memamerkan diri atau apa, nak...yaa Allah jauhkanlah ibu dari sifat ujub, riya dan sum'ah tsb...amiin.
Ibu hanya ingin dgn membaca blog ini kalian akan ingat kelak....
Diantaranya tentang ayah yang kata kalian ayah galak...
Dulu ibu juga beranggapan ayah ini keras dalam mendidik...
Tapi lihatlah sisi positifnya...
Sekalipun ayah bukan makhluk sempurna namun ayah berusaha keras memberi contoh teladan pada kalian...
Ayah kalian yang selalu dengan sabar mengajak ade shalat wajib ke masjid. Juga menunggu ade yang malas-malasan serta merengek saat berwudhu di rumah.
Ayah yang biasanya membangunkan ibu dan kakak utk shalat subuh (setelah ayah kembali dari shalat subuh berjamaah di masjid).
Ibu yang yang dengan segala kekurangan namun berusaha belajar tajwid agar bisa mengajari ade membaca huruf2 hijayah (iqro) disemangati oleh ayah.
Ayah yang memberikan segala fasilitas agar ibu bisa menghapal Qur'an (tapi belum juga hapal-hapal).
Ayah yang membimbing kakak membaca Al Qur'an dan mengajari maknanya.
Ayah yang berbakti pada kedua orang tuanya serta memperhatikan dan suka menolong adik-adiknya, keluarganya.

Anak-anakku...ibu paham jika kalian tidak sebebas teman-teman kalian yang lain, atau kakak kesal pada ibu karena ibu banyak menasehati berdasarkan agama. Kata kakak,"Ibu always talks out of topic!"
Sekarang kalian belum paham benar, tapi insyaAllah jika kalian besar dan menemukan masalah yang membingungkan, ingatlah pesan ibu...pilihlah yang sesuai dengan ajaran agama kita, semoga kita selamat, meski di dunia tidak terpenuhi keinginan namun di akherat terhindar dari siksa Allah. Bagaimana kalian bisa tahu, jangan tinggalkan shalat, berdoa pada Allah, terus membaca Al Qur'an, hadith, mengikuti kajian Islam, jangan lepas dari tali Allah, anak-anakku....(Al Qur'an dan Assunnah). InsyaAllah Allah akan menumbuhkan, menyuburkan iman dlm hati kalian...dengan beriman kepada Allah, Allah akan menjaga kalian nak...

Apa yang ayah dan ibu lakukan demi kebaikan kalian. Ibu tidak mengharapkan balas jasa, apalagi harta benda...InsyaAllah tidak, nak. Ibu hanya memohon kalian menjadi orang-orang yang alim...sholihin...bermanfaat bagi ummah...dan tentu saja, satu yang ibu mohon...doakanlah ibu dan ayahmu selalu, sekalipun kami telah mati..bahkan saat mati itulah kami sudah tak mampu berbuat apa-apa selain mengharapkan doa kalian....
Karena doa anak yang sholeh untuk orangtuanya tidak akan pernah terputus sekalipun orangtua tsb telah mati...dan Allah mengabulkan doa anak yang sholeh...amiin. Sebagaimana doa orangtua untuk anak-anaknya...adalah doa yang mustajab...maafkan ibu jika ibu pernah marah dan berkata-kata kasar atau salah kepada kalian, ibu akui ibu banyak khilaf dan dosa, bukan manusia sempurna...semoga Allah mengampuni ibu...amiin. Dan semoga Allah mengabulkan doa ibu dan ayah untuk kebaikan, keselamatan, kebahagian kalian di dunia dan akherat...amiin.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home