Our Life

Saturday, November 09, 2013

      • KEUTAMAAN MENGENAL NAMA DAN SIFAT ALLOH SUBNAHAHU WATA'ALA

        PERTAMA : Sebagai dasar kebahagiaan dan pintu masuk semua kebaikan.
        Ilmu ini merupakan ilmu yang paling mulia, bahkan termasuk Al-Fiqh Al-Akbar (Fikih yang paling Agung) dan paling utama serta pertama kali yang masuk dalam sabda Rasululloh Shallalahu’alaihi wasalam :

        “ Barangsiapa yang Alloh kehendaki kebaikan atasnya, maka Dia akan memberikan kefahaman kepadanya dalam masalah Agama (HR. Bukhari-Muslim))

        Ilmu ini merupakan Pondasi jalan menuju Alloh dan jalan masuk yang lurus dalam meraih kecintaan dan keridhaan-Nya serta jalan yang lurus bagi setiap orang yang dicintai dan dipilih-Nya.

        Pondasi agama ini adalah iman kepada Alloh Ta’alla dan kepada nama-nama serta sifat-sifat-Nya.

        Ibnul Qayyim Rahimahulloh berkata: “Barangsiapa yang menghendaki bangunan yang tinggi, maka di haruskan baginya untuk menguatkan pondasi dan benar-benar memperhatikannya. Karena ketinggian bagunan tergantung pada kokoh dan kuatnya pondasi. Amal dan derajat adalah bangunan, sedangkan pondasinya adalah Iman.

        Alloh Ta’alla berfirman : “Maka apakah orang-orang yang mendirikan masjidnya atas dasar takwa kepada Alloh dan keridhaan-Nya itu yang baik, ataukah orang yang mendirikan bangunannya ditepi jurang yang runtuh lalu bangunannya itu jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam nereka Jahannam ? (QS. At-Taubah : 109)

        Pondasi ini ada dua : (1) Mengenal Alloh, Perintah, Nama serta Sifat-Nya dengan baik (2) Tunduk dan patuh kepada Alloh dan Rosul-Nya

        KEDUA, Mengenal Alloh menimbulkan pengagungan, menyebabkan kita mencintai Alloh, Khauf (takut),dan mengantungkan harapan kepada-Nya(Rodja)

        KETIGA, Alloh Mencintai nama-namanya dan menginginkan sifat-sifatnya ada pada makhlukNya.
        Contoh, As-Shidiq (Allah Maha benar) berarti Allah Menyukai orang yang jujur,benar perkataannya.

        KEEMPAT, Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk dari tiada menjadi ada dan menciptakan bumi adalah bertujuan untuk beribadah kepadanya.

        Allah Ta’alla berfirman : “Allohlah yang menciptakan Tujuh langit dan seperti itu pula bumi perintah Alloh berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Alloh, Ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu” (QS. Ath-Thalaq : 12)

        KELIMA, Dari Rukun Iman yang enam,yang paling pokok adalah mengenal Alloh Subhanahu wa Ta'ala sehingga sampai pada derajat keyakinannya

        KEENAM, Mengenal Alloh adalah asal dari segala sesuatu. Perbuatan Alloh berputar dari karunia,keadilan dan hikmah.

        KETUJUH, Mengenal nama-nama Alloh dan Sifat-sifat Alloh adalah Perniagaan yang menguntungkan yaitu Surga,ketentraman jiwa,ketenangan hati,kelapangan dada,keridhoan Alloh,dan selamat dari siksa Alloh

        KEDELAPAN, Sebagai pelindung/penghalang/pencegah dari kesalahan,yang membuka pintu bersabar,mendorong pintu kebaikan,hiburan dalam menghadapi hati yang pedih

        Dari Abu Hurairah Radhiallahuanhu, dia berkata: Rosulullah Shallalahu'alaihi wasallam telah bersabda : “Sesungguhnya Alloh mempunyai Sembilan Puluh sembilan (99) nama, seratus kurang satu barangsiapa yang menghitungnya, maka ia akan masuk surga” (HR. Al-Bukhari No, 2736)

        ===> Asmaul Husna bukan sekedar untuk dinyanyikan tapi untuk dipahami dan diamalkan sampai mencapai derajat Ihsan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home