Our Life

Thursday, December 29, 2016

Pentingnya Konsentrasi dalam Menghafal Al-Qur'an
Ada seorang anak berkebangsaan Mesir mampu menghafal Al-Qur’an secara keseluruhan (30 juz) saat usianya menginjak 10 tahun. Ia diundang untuk menunaikan umrah. Anak ini mampu memaparkan semua ayat berkaitan dengan tema tertentu yang ditanyakan kepadanya. Salah seorang ulama mengundangnya untuk menghadiri sebuah acara dan memintanya untuk berbicara dengan mereka ..
Dalam kesempatan itu, anak terebut menoleh kepada ayahnya dan bertanya kepadanya: ”Apa yang akan aku sampaikan kepada mereka?” Kemudian, ayahnya pun berkata kepadanya, ”Berbicaralah mengenai ilmu di hadapan mereka!” Kemudian, sang anakpun mulai membacakan beberapa ayat dalam Al Qur'an berkenaan dengan ilmu. Kemudian ia pun membacakan beberapa hadits Nabi berkenaan tentang ilmu. Lalu sang anakpun menjelaskan mengenai keutamaan orang yang berilmu dan pentingnya menuntut ilmu. Kemudian para hadirin berkata kepadanya: ”Cukup, cukup!”
Kemudian, merekapun meminta kepadanya untuk berbicara mengenai para istri nabi Saw. (Lalu ia pun berbicara mengenai keadaan para istri Nabi saw). Kemudian anak itu pun diminta untuk berbicara atau menyampaikan pesan kepada anak-anak yang hadir dalam acara tersebut. Anak itu pun meminta anak-anak lain yang hadir pada acara tersebut untuk berkumpul di hadapannya, lalu ia pun berdiri di hadapan mereka, kemudian ia berkata: ”Apakah kalian ingin memiliki kemampuan seperti saya?” Merekapun menjawab: ”Ya”. Ia pun berkata kepada mereka: ”Jika kalian ingin menjadi seperti aku maka kalian harus melakukan tiga hal: berkonsentrasilah, berkonsentrasilah dan berkonsentrasilah!”
Konsentrasi adalah sesuatu yang sangat penting sekali. Satu jam dalam keadaan pikiran konsentrasi sebanding dengan satu tahun dalam keadaan pikiran kacau (tidak konsentrasi).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home