Our Life

Sunday, October 23, 2011

Belajar Membaca Bahasa Ibu



Bismillahirrahmanirrahim...

Dulu saya kurang memberikan waktu kepada anak...
Kesenangan saya pada facebook menyita waktu saya untuk membimbing anak-anak belajar.
Bukan salah facebooknya tapi salah saya sebagai penggunanya.
Hingga saya terlambat mengajari anak saya membaca dan menulis bahasa ibu pertiwi sekaligus bahasa saya, ibunya dan bahasa ayahnya juga.
Sudah qadar Allah kami sedang tinggal dlm lingkungan internasional dimana anak-anak berbahasa inggris.
Saya kalah cepat dengan teman saya yang sudah mengajari anaknya membaca bahasa ibu sejak usia dua tahun lebih. Subhanallah....
Dan teman saya yang lain, anaknya sudah berhasil membaca (mungkin menulis juga) bahasa Indonesia sekaligus bahasa Al Qur'an di usia 4 tahun.Subhanallah....
Tapi tak ada kata terlambat untuk memperbaiki kesalahan atau mengejar keberhasilan yang tertunda.

Saya  akhirnya menemukan metode yang mudah mengajari anak yang baru belajar bahasa inggris (selevel TK dan Kls 1) untuk belajar membaca bahasa ibu dengan membaca terjemahan Al Qur'an dalam bahasa ibu setelah ia membaca ayat suci Al Qur'an (bahasa arab)
Sebelum mulai membaca Al Qur'an, saya sudah mengajarinya iqro atau qira'ati. Sekarang pun masih tetap mempelajari buku iqro nya. Belum selesai...memang agak terlamat tapi tetap semangat ya para ibu! Tak ada kata terlambat dalam belajar....(menghibur diri sendiri).

Saya tidak memperkenalkannya alfabet dalam bahasa Indonesia supaya tidak membingungkannya...jadi dia membaca dengan menghafal kata dan membiasakannya terus membaca serta mengingatkan kata-kata imbuhan seperti me, di, kan, nya.
Saya sadar, kelemahan metode ini adalah anak bisa membaca tapi dalam mengeja dia mengeja ala ejaan bahasa inggris tapi insyaAllah pelan-pelan bisa kita perbaiki. Mungkin ibu-ibu lainnya bisa share pengalaman yang lebih efektif dari saya...saya tunggu emailnya.
Saya latih anak saya setiap malam membaca Al Qur'an minimal satu ayat lalu dia membaca terjemahannya dalam bahasa Indonesia.
Kalau ada waktu, dia belum mengantuk atau saya belum teler kecape'an...saya jelaskan ayat yang ia baca sebagai cerita sebelum tidur...seperti cerita nabi Nuh as, nabi Musa as, nabi Isa as, nabi Muhammad saw...
Semoga bisa mengejar ketinggalan dengan anak-anak di tanah air....dengan izin Allah dan tentu saja terus-menerus berdoa semoga dimudahkan Allah dalam belajar dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita dan anak-anak....amiin.

Semoga bermanfaat bagi para ibu lainnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home