Our Life

Sunday, October 23, 2011

Menulis....

Alhamdulillah semalam saya bisa mengikuti parents workshop di sekolah anak-anak. Stacey mempresentasikan cara-cara memmbimbing anak menulis (khususnya KG-grade 2) lalu memberi tips bagi orang tua dalam membimbing anak menulis.Yang penting orang tua bersemangat hingga anak jadi bersemangat untuk menulis Orang tua terus mengajak anak untuk mencoba menulis dan menulis...memberi stimulasi dengan berbagai buku bacaan hingga dia terinspirasi untuk bercerita baik mengenai buku tersebut atau yang berhubungan dengan kehidupannya. Orang tua sebaiknya mengingatkan anak cerita-cerita masa kecilnya atau kenangan liburannya supaya ia tertarik untuk menuangkannya kenangan tsb dalam tulisan.
Menulis dengan fun...spelling salah itu biasa...biarkan anak lepas bebas bercerita dalam tulisan...tugas orangtua mengedit dan mengoreksi kesalahan lalu memintanya memperbaiki dengan iming-iming tulisan tersebut akan diterbitkan (publish) misalnya di dinding kamar ibu, pintu kulkas atau dikirim ke kakek neneknya....dan tentu saja memberi response atas tulisannya serta memujinya membuat anak lebih percaya diri dan makin semangat menulis.

Stacey juga menginstruksikan orangtua untuk menulis singkat, sederhana, jelas yang mencakup tiga rangkaian: beginning....middle....and ending. Ternyata tidak mudah buat saya sebagai orangtua untuk menulis seperti itu. So...anak juga tidak bisa mengerjakannya dengan mudah apalagi sempurna. Dibutuhkan kesabaran, keseriusan dan kesinambungan orangtua melatih anak di rumah. Kemampuan dan kecepatan anak pun berbeda-beda....sama seperti anak kecil mulai bisa jalan. Ada yang umur 10 bulan, 11 bulan bahkan ada yang baru 15 bulan bisa berjalan. Kalau sudah melewati batas kewajaran barulah kita harus waspada....

Presentasi yang bagus, Stacey!Sangat bermanfaat. Thanks so much! So let's try writing, son!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home