Our Life

Saturday, October 22, 2011

Haji


“Labbaika Allahumma labbaika, Labbaika Laa Syariika laka labbaika, innal hamda wanni’mata laka wal mulka, laa syariika laka”
“Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu. Aku penuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagiMu, aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala pujian dan nikmat serta kerajaan adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu.” 


Rasanya selalu ingin kembali....tapi cukuplah sekali seumur hidup bahkan Alhamdulillah ada bonus dariNya tahun lepas. Biarlah sekarang dan seterusnya saudara saudari seiman yang belum pernah berhaji mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Segerakanlah menunaikan rukun Islam yang kelima ini saudara-saudariku....Jika sudah mampu, tentu saja...karena menyegerakan berhaji dibandingkan menyegerakan belanja untuk kenikmatan dunia (melintas batas Eropa atau belanja untuk rumah dan kendaraan mewah misalnya) subhanallah lebih utama. Allah Yang Maha Kaya akan menggantikan apa yang kita belanjakan di jalan Allah dengan nikmat dunia dan akherat (double). Dan dengan menunda-nundanya kita tak tahu akankah nanti masih ada umur, kemampuan fisik dan materi (rezeki) seperti yang sekarang ada...jangan sampai kita menyesalinya.

Mina,...Arafah....Muzdalifah, Jamarat di Mina...waktu tawaf ifadah dan sa'i di masjidil haram...masyaAllah laa quwwata illah billah...The bigest conference or meeting of muslim from all over the world. Mengingatkan bahwa suatu hari nanti kita semua akan dibangkitkan dan dikumpulkan di padang mahsyar dalam keadaan tak membawa apa-apa selain amalan selama di dunia yang akan diperhitungkan....
Ihram...pakaian sederhana yang dikenakan saat berhaji menyadarkan kita sekalipun pakaian bermerk dan mahal biasa dikenakan tetap saja ihram yang dikenakan kala memenuhi panggilan Allah di dunia ini (ke tanah suci)
Semua muslim sama, kaya, miskin, hitam, putih...di hadapan Allah sama saja, yang membedakan muslim satu dengan lainnya adalah takwanya.
Karenanya sebaik-baik bekal yang mesti kita bawa ke tanah suci adalah takwa....berusaha mengerjakan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangannya, diringi doa semoga menjadi amalan yang diterima Allah...amiin.

Allah menjanjikan doa yang diijabah bagi tamu-tamu yang memenuhi panggilanNya ini. Memohonlah kepada Allah sebanyak-banyaknya terutama ketika berada di Arafah nanti.

"Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina azaban naar"
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akherat dan selamatkanlah kami dari siksa neraka"

Doa untuk saudara-saudariku para jamaah haji:

Allahummaj’alhu Hajjan mabrura, wasa’yan masykura wa zanban magfura waamalan sholehan maqbula”.
Ya Allah karuniakanlah haji yang mabrur, sa’i yang diterima, dosa yang diampuni, amal soleh yang diterima”

0 Comments:

Post a Comment

<< Home