Our Life

Sunday, March 30, 2014

KIAT MERAIH KEIKHLASAN & BUAHNYA
HALAQOH - 6

Oleh : Ustadz Nuruddin Abu faynan,Lc

Assalamu'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

Alhamdulillaah wa sholatu wa sallam 'ala Rosulillaah,wa ba'ad

Saudaraku yang dimuliakan Alloh Subhanahu wa Ta'ala,
Kiat yang kelima untuk memperoleh keikhlasan dengan cara : Memperbanyak amalan- amalan yang tersembunyi.

Perlu sadaraku ketahui,semoga Alloh merahmati anda,bahwasanya segala sesuatu dari amalan kebaikan -dikhawatirkan yang melakukannya itu dari riya,maka yang tersembunyi dari manusia itu lebih baik dan lebih utama.

Dari Zubair bin Awwam ,semoga Alloh meridhoi kepadanya,dari Nabi shallallaahu'alaihi wa sallam ,beliau mengatakan : " Barangsiapa yang mampu diantara kalian untuk menyembunyikan dari amalan sholih,maka hendaklah perbuat."

Kalau kita perhatikan,bahwasanya orang- orang sholih terdahulu tidak henti- hentinya mereka bersungguh- sungguh untuk menyembunyikan ketaatan mereka,lebih besar daripada kesemangatan manusia dari menyembunyikan kesalahan- kesalahan mereka.
Hal demikian dilakukan dalam rangka mengharapkan amalan- amalan sholih mereka itu murni karena Alloh Tabaaroka wa Ta'ala,sehingga Alloh Subhanahu wa Ta'ala menerima amalan mereka,Alloh membalas mereka terhadap amalan yang disembunyikan itu dengan pembalasan yang lebih baik.

Demikianlah mereka orang- orang yang berakal.
Orang- orang yang berakal sangat menginginkan untuk tidak diketahui selain Alloh atas suatu perkara yang dipuji perkara mereka.
Oleh karena itu salah seorang dikalangan ulama salaf mengatakan :
" Sembunyikan dari kebaikan- kebaikan anda sebagaimana anda menyembunyikan dari kesalahan- kesalahan anda."

Ikhwah fillah,dengan sebab ikhlas,dengan sebab kejujuran,seorang ulama mengatakan dengan sebab inilah sebuah kelompok terangkat.
Oleh karena itu ikhwah fillah,Imam Ibnu Rajab Al Hambali memberikan penjelasan bahwasanya sholat sunnah yang disembunyikan itu lebih utama.Kenapa demikian ? Seperti contohnya sholat malam diutamakan daripada sholat - sholat sunnah yang lainnya,begitu pula shodaqoh yang disembunyikan lebih utama daripada shodaqoh yang terang- terangan.

Dalam sebuah hadits dari Ukbah bin Amir ,semoga Alloh meridhoi kepadanya,dia berkata,aku mendengar Rosululloh shallallaahu'alaihi wa sallam bersabda :
"Yang mengeraskan suara dengan membaca al Qur'an seperti orang yang terang- terangan dengan shodaqoh,yang pelan- pelan dalam membaca Al Qur'an seperti yang menyembunyikan shodaqoh."

Jika kita perhatikan,tatkala kita banyak berbuat maksiat kepada Alloh diwaktu sendirian,maka marilah kita memperbanyak amalan- amalan sholih antara kami dan antara Alloh Subhanahu wa Ta'ala.

In syaa Alloh pada halaqoh berikutnya akan kita jelaskan contoh- contoh amalan sholih yang tersembunyi yang mesti kita sama- sama perbanyak.

Demikian yang dapat kami sampaikan,mudah- mudahan betmanfaat.

Wassalamu'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home