Our Life

Sunday, March 30, 2014

KIAT MERAIH KEIKHLASAN & BUAHNYA
HALAQOH - 8

Oleh : Ustadz Nuruddin Abu faynan,Lc

Assalamu'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

Alhamdulillaah wa sholatu wa sallam 'ala Rosulillaah,wa ba'ad

Amalan-amalan yang harus kita perbanyak untuk disembunyikan adalah : Berdo'a untuk saudaranya tanpa diketahuinya.

Sebagimana dalam sebuah hadits dari Abu Darda,semoga Alloh meridhoi kepadanya ,Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda : " Doa seorang muslim pada saudaranya yang tidak hadir,akan dikabulkan ,disisinya ada malaikat yang diwakilkan,tatkala mendoakan kepada saudaranya kebaikan,malaikat yang diwakilkan kepadanya mengatakan ; aamiin ,semoga untukmu sepertinya ."

Yang dimaksud muslim disini ikhwah fillaah,adalah orang- orang muslim yang selamat dari lisannya dan tangannya,yaitu yang mencintai kepada manusia apa yang dicintai untuk dirinya.

Karena orang muslim yang seperti inilah yang akan membawa keadaannya untuk sayang kepada saudaranya yang muslim untuk mendo'akan kepadanya diwaktu tidak ada .
Kemudian dikhususkan diwaktu tidak ada dalam penyebutan karena akan membuat jauh dari riya dan tujuan- tujuan yang rusak atau yang mengurangi .

Maka dengan mendo'akan diwaktu tidak ada saudaranya,akan mengikhlaskan semata karena Alloh,benar tujuannya karena Alloh Tabaaroka wa Ta'ala dengan mendoakan saudaranya sehingga malaikat yang diwakilkan itu mengataan aamiin,dan untuk kita juga kebaikan sesuai dengan yang kita minta untuk kebaikan saudara kita.

Maka seseorang apabila mendo'akan kepada saudaranya kaum muslimin dimana saja berada,dan jujur dalam do'anya,,mengikhlaskan didalam berdo'a untuk mereka diwaktu mereka tidak ada,malaikat akan mengatakan dengan perkataanya : aamiin,
Bahkan pahalanya lebih besar karena mendo'akan kepada kebaikan,meminta petunjuk bagi setiap kaum muslimin akan mendapatkan pahala yang amat besar.

Oleh karena itu Syaikhul Islam rahimahulloh mengatakan : " Mendoakan kepada yang tidak hadir lebih besar untuk di-ijabah doanya daripada doa yang hadir,karena sesungguhnya mendo'akan kepada yang tidak hadir lebih sempurna keikhlasannya dan lebih jauh dari kesyirikan.

Demikian,diantara amalan tersembunyi yang perlu diperbanyak ,yaitu mendo'akan saudaranya pada saat tidak ada.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home