Our Life

Monday, January 13, 2014

Masalah foto...

Alhamdulillah ditag foto lagi oleh teman di fesbuk...
Kali ini saya menahan diri untuk klik like...
Foto memang tidak sama dengan gambar orang yang dibuat tangan oleh orang...
Ada hadits bahwa orang yang membuat gambar orang ini di neraka tempatnya kelak na'udzubillahi min dzalik...
Dan orang yang memajang gambar makhluk seperti ciptaan Allah di dalam rumah...maka meyebabkan malaikat rahmah enggan masuk ke dalam rumah tersebut...Allahu a'lam...
Sedangkan foto menurut pendapat ulama tidak mengapa jika untuk alasan hukum seperti foto dalam paspor misalnya...
Tapi jika memajang foto karena ingin menunjukkan kecantikan, ketampanan, harta benda, perhiasan dunia seperti anak-anak atau pasangan,  menunjukkan tempat-tempat tertentu seperti tempat bekerja, sekolah,liburan, mengaji atau kegiatan dll...
Dikhawatirkan mendekati sifat riya dan sum'ah, bisa mengurangi keikhlasan dan tidak ittiba, mengikuti tuntunan Rasulullah saw.
Hingga ada pendapat ulama yang mengatakan meski foto orang tidak sama dengan gambar yang dibuat oleh tangan orang namun lebih baik tidak dipajang di rumah untuk menjaga hati dari kedua sifat tersebut dan agar malaikat rahmah berkenan masuk ke dalam rumah...Allahu a'lam.

Bismillah kalau saya kemudian menyembunyikan foto-foto di timeline fesbuk, bukan karena saya tidak suka keluarga, orangtua, saudara atau teman-teman saya. Subhanallah saya sayang semuanya namun rasa sayang ini sepatutnya diwujudkan dengan ikhlas dan ittiba, mengikuti tuntunan Rasulullah saw.

Sebagai antisipasi saya memang menghindari difoto tapi masih pelan-pelan, mengurangi dan mengurangi frekuensi ajakan berfoto...supaya tidak ekstrim...insyaaAllah lama-lama teman-teman akan paham bahwa saya lebih suka tidak difoto. Yaa Allah mudahkanlah saya untuk istiqomah...aamiin.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home