Our Life

Wednesday, March 20, 2013

Tadabur Qur'an surah An Naazi'aat (1)


THURSDAY, MARCH 14, 2013


Tadabur Quran Surah An Naazi'aat (1)

Surah An Naazi'at

Innal hamdalillahi nahmaduhu wa nasta'inuhu wa nastaghfiruhuu wa na'uudzubillahi min syuruuri anfusinaa wa sayyiaati a'maalinaa man yahdihillahu falaa mudhillalah wa mannyudhlil falaa haadiyalah
Asyhadualaa illaha illallah wahdahu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh


Yaa ayyuhalladziina aamanuu ttaqullaha Haqqa tuqaatih wa laa tamuutunna illa wa antum muslimuun

“Hai  orang-orang  yang  beriman,  bertakwalah  kepada  Allah sebenar-benar  takwa  kepada-Nya;  dan  janganlah  sekali-kali kamu mati melainkan  dalam  keadaan  beragama  Islam.”  (QS Al-Imran  [3] : 102).

Yaa ayyuhannasu ttaquu rabbakumulladzii khalaqakum min nafsin waahidatin wa khalaqa minhaa zauzahaa minhumaa rijaalan katsiraan wa nisaa-an wattaqullahalladzii tasaa-aluuna bihi wal-arHam, innallah kaana ‘alaikum raqiiba.

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan  laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mem-pergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain,dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An-Nisa [4] : 1).

Yaa ayyuhalladziina aamanuu ttaqullaha wa quuluu qaulan sadiidan, yushlih lakum a’maalakum wa yaghfirlakum dzunuubakum wa man yuthi’illaha wa rasuluhu faqad fauzan azhiima.
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,  niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan  barangsiapa menta’ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS Al-Ahzab [33] : 70-71)

Segala bagi bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat, diantaranya nikmat sehat dan iman sehingga kita bisa berada disini utk mempelajari dinul Islam. Semoga Allah memberikan pemahaman yang benar.Tidak lupa salam dan shalawat semoga tercurah kepada nabi Muhammad saw beserta keluarga dan para sahabatnya.Amma ba'du...

Tadabur Qur'an hari ini yaitu surah An Naazi'at. Berdasarkan referensi saya, buku rangkuman tafsir Quran Ibnu Katsir, An Naazi'at artinya yang mencabut. Kata ini diambil dari ayat pertama dlm surat tersebut. Terdiri dari 46 ayat, diturunkan di Mekah dan setelah surah An Naba. Jadi masih ada hubungannya dengan kafir Quraish yang mengingkari adanya hari kebangkitan. Dalam 5 ayat pertama Allah bersumpah demi malaikat-malaikatnya dengan sifat dan urusannya, bahwa hari kiamat itu benar...

1. Wan naazi'aati ghorqoo
Demi yang mencabut dengan keras, tafsirnya yaitu para malaikat ketika mencabut nyawa orang-orang kafir dari keturunan Adam yg ditenggelamkan ke api neraka.
2. Wan naasyithooti nasythoo
Dan yang mencabut dengan lembut yaitu para malaikat yang mencabut nyawa nyawa kaum beriman.



0 Comments:

    0 Comments:

    Post a Comment

    << Home